5 Alasan Mengapa Anda Tidak Harus Membuktikan PC Anda di Masa Depan

Apakah pemeriksaan PC Anda di masa depan merupakan ide yang bagus? Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda mungkin ingin mempertimbangkan kembali.

Pemeriksaan masa depan adalah istilah umum ketika berbicara tentang komputer. Ini hanya mengacu pada memastikan PC Anda akan dapat beradaptasi dengan perkembangan baru di tahun-tahun mendatang.

Jika Anda membeli PC baru atau membangunnya, Anda ingin tahu bahwa itu tidak akan ketinggalan zaman dalam waktu dekat, bukan?

Tetapi apakah itu benar-benar sepadan dengan usaha dan biaya untuk PC yang tahan di masa depan? Mempertimbangkan laju perubahan yang cepat di dunia teknologi, dapatkah Anda benar-benar membuktikan komputer di masa depan? Atau lebih baik mengganti PC lama Anda karena sudah usang?

Inilah mengapa Anda mungkin ingin berpikir lagi sebelum mencoba membuktikan PC Anda di masa depan.

1. Tidak Semua Orang Membutuhkan Pemeriksaan Masa Depan

Logika dasar di balik pemeriksaan masa depan adalah ini: PC yang Anda beli sekarang akan tetap dapat menjalankan program dengan lancar dan efisien dan kompatibel dengan teknologi baru beberapa tahun ke depan tanpa memerlukan peningkatan atau penggantian apa pun.

Tentu saja, ini terbuka untuk banyak interpretasi.

Pertama, program yang Anda jalankan. PC lebih mungkin untuk tetap tahan masa depan jika yang Anda lakukan hanyalah menjelajahi web, menonton beberapa video, dan bekerja di Microsoft Office. Namun, PC lama mungkin mengalami kesulitan menjalankan game baru pada pengaturan grafis terbaik atau beberapa sistem operasi secara bersamaan.

Kedua, “teknologi baru” adalah istilah yang tidak jelas. Belum lama ini, Wi-Fi 802.11ac dan USB 3.1 adalah yang terbaik yang bisa Anda dapatkan. Namun segala sesuatunya berjalan dengan cepat, dan sekarang teknologi baru seperti Wi-Fi 6E dan USB-C adalah jenis fitur yang akan Anda cari. Sangat tidak mungkin untuk memprediksi seperti apa standar baru dalam beberapa tahun.

Singkat cerita, pemeriksaan di masa depan tidak diperlukan jika:

  • Anda baik-baik saja dengan memainkan game yang lebih baru pada pengaturan yang kurang optimal.
  • Anda kebanyakan menggunakan PC Anda untuk browsing web, email, pekerjaan kantor, dan film.
  • Anda tidak peduli tentang memiliki “yang terbaru dan terhebat.”

Anda bahkan mungkin tidak memerlukan PC yang kuat di masa mendatang. Dengan munculnya layanan cloud gaming dan bahkan PC Windows berbasis cloud, PC apa pun dengan browser web dapat menjadi semua yang Anda butuhkan.

2. Sebagian Besar Garansi Tidak Dapat Diikuti

Jika Anda menghabiskan banyak uang untuk sistem top-of-the-line, maka sebagian besar bangunan tahan masa depan diharapkan bertahan empat tahun atau lebih tetapi periode itu lebih lama dari yang akan ditanggung oleh garansi Anda, dan suku cadang komputer pasti akan gagal.

Motherboard, prosesor, dan kartu grafis adalah tiga bagian paling mahal dari komputer rata-rata. Namun, Intel, AMD, Nvidia, dan mitra utama mereka hanya menawarkan garansi hingga maksimal tiga tahun. Jika komponen PC mahal Anda salah dan Anda berencana untuk memilikinya untuk waktu yang lama, itu akan mengecewakan.

Pengeluaran utama lainnya adalah unit catu daya (PSU). Tergantung pada modelnya, Anda bisa mendapatkan garansi hingga tujuh tahun, tetapi itu biasanya hanya untuk PSU terbaik.

Lucunya, hal-hal yang dapat Anda tingkatkan dengan paling mudah dan paling terjangkau dilindungi untuk waktu yang lebih lama oleh jaminan. Hard drive dan RAM, misalnya, biasanya dilindungi oleh garansi tiga hingga lima tahun, tetapi ini menjadi usang begitu cepat sehingga bukan merupakan komponen utama untuk pemeriksaan di masa mendatang.

3. Teknologi Sebagian Besar Memuncak

Dalam beberapa hal, teknologi prosesor telah mencapai puncaknya. Kecuali Anda menjalankan server atau menyiapkan mesin virtual, Anda tidak benar-benar membutuhkan tenaga ekstra itu lagi.

Pemutakhiran prosesor dulunya lebih penting, tetapi ketika mempertimbangkan pemutakhiran mana yang akan memberikan peningkatan kinerja terbaik pada PC Anda, biasanya hal itu tidak lagi menjadi prioritas. Jika Anda melakukan peningkatan besar, seperti melompat dari Intel Core i3 yang lebih lama ke Core i7 modern yang sangat cepat, maka kemungkinan besar itu akan sepadan. Tetapi dengan peningkatan yang lebih kecil, Anda mungkin tidak melihat peningkatan besar dari mengubah chip Anda.

Hal serupa di departemen RAM. Dasar untuk RAM adalah 8GB, dan Anda akan melihat peningkatan yang signifikan dengan 16GB. Namun, tidak ada gunanya memiliki lebih dari 32GB RAM. Anda tidak akan melihat banyak peningkatan dalam kinerja dunia nyata. Sekali lagi, satu-satunya pengecualian adalah saat menjalankan mesin virtual atau mengedit video 4K atau 8K.

Menurut tren saat ini, produsen membuat teknologi lebih hemat daya sehingga laptop bertahan lebih lama dan PC dapat menggunakan lebih sedikit daya. Akibatnya, konsep seperti Hukum Moore telah berjalan dengan sendirinya.

4. Pemeriksaan Masa Depan Tidak Selalu Bekerja

Pada dasarnya, pemeriksaan masa depan bergantung pada upaya untuk memprediksi masa depan. Itu akan selalu menjadi risiko dan itu berarti ada kemungkinan besar setiap upaya untuk membuktikan PC di masa depan tidak akan berhasil.

Seiring bertambahnya usia PC Anda, game mungkin masih berjalan dengan baik, misalnya, tetapi mungkin tidak akan berjalan sebaik awalnya. Anda mungkin akan menemukan bahwa Anda tidak dapat bermain menggunakan pengaturan visual terbaik lagi.

Kartu grafis, khususnya, paling sering ditingkatkan. Jika Anda seorang gamer PC, maka kartu grafis Anda tidak akan tetap relevan selama empat tahun jika Anda menginginkan visual yang canggih, jadi peningkatan berkala lebih baik daripada pemeriksaan di masa mendatang.

Jika Anda ingin melakukan overclock kartu grafis dan komponen lainnya, pemeriksaan di masa mendatang mungkin bekerja lebih baik. Tapi Anda perlu tahu apa yang Anda lakukan, dan Anda harus menerima risiko yang datang dengan overclocking. Anda mungkin juga membatalkan garansi Anda dengan melakukan overclocking.

Namun, beberapa komponen akan bertahan lama. PSU dan casing komputer kelas atas dapat bertahan selama bertahun-tahun, jauh di luar garansinya. Faktanya, banyak pemeriksa masa depan bisa mendapatkan dua atau tiga build berbeda dari PSU dan casing mereka.

5. Pemeriksaan Masa Depan Tidak Hemat Biaya

Perangkat keras lama hanyalah salah satu kemungkinan penyebab komputer Anda berjalan lambat. Jika Anda membeli PC baru dan Anda melengkapinya dengan spesifikasi terbaik, tidak ada jaminan itu tidak akan melambat di masa mendatang.

Seperti saran yang disebutkan di atas tentang kartu grafis, meningkatkan secara berkala lebih baik daripada melakukan bing untuk pertama kali. Alih-alih membeli di luar kebutuhan Anda “berjaga-jaga”, pilihan yang lebih bijaksana adalah membeli sistem yang memenuhi kebutuhan Anda sekarang dan menghemat sisa dari apa yang akan Anda belanjakan. Investasikan uang itu untuk membeli barang saat Anda bisa mendapatkan penawaran terbaik, dari toko komponen PC murah.

Dilihat dari bagaimana hal-hal telah berkembang di masa lalu, Anda akan mendapatkan nilai lebih untuk uang dengan apa yang Anda butuhkan sekarang, daripada mencoba membuktikan komputer Anda di masa depan.

Mengapa Anda Tidak Dapat Membuktikan PC Anda di Masa Depan

Alih-alih menghabiskan banyak uang untuk mencoba membuat PC bertahan selamanya, upgrade bergulir biasanya merupakan ide yang lebih baik. Selalu perbarui PC Anda seiring berjalannya waktu, ubah komponen di sana-sini sesuai kebutuhan. Itu akan membantu Anda memaksimalkan kehidupan dan penggunaan komputer Anda.

Pada titik tertentu, Anda akan menemukan bahwa PC Anda tidak lagi sepadan dengan biaya atau upaya untuk meningkatkannya lagi. Ketika saatnya tiba, Anda dapat membeli atau membangun yang baru. Namun, bukan berarti komputer lama Anda tidak berguna ada banyak cara untuk menggunakan PC lama. Jadi dalam pengertian itu, semua PC memiliki semacam pemeriksaan masa depan yang dibangun dengan benar dengan cara apa pun.

Kami merekomendasikan Anda untuk mengunjungi WartaINET.com agar mendapatkan informasi lebih lengkap.

Leave a Comment